Searching...
February 12, 2013

Skateboarding History

Pada tahun 1950-an, para peselancar California mendapat ide untuk mencoba berselancar di jalanan. tidak banyak penjelasan siapa yang pertama kali membuat papan, tetapi beberapa orang mengklaim telah menemukan skateboard pertama namun tidak dapat dibuktikan.

Skateboard pertama dibuat dengan kotak kayu atau papan dengan roda dari sepatu roda di bagian bawah. Banyak orang terluka di awal tahun skateboard! dikarenakan olah raga ini masih baru, sehingga apa pun bisa terjadi. Seiring kemajuan kotak berubah menjadi papan, dan akhirnya perusahaan mula memproduksi papan (deck) yang mirip dengan skateboard deck sekarang. Selama waktu ini, skateboarding dipandang sebagai sesuatu yang harus dilakukan untuk bersenang-senang setelah berselancar.

Pada tahun 1963, skateboard berada di puncak popularitas. Kemudian, pada tahun 1965, popularitas skateboard runtuh. Kebanyakan orang beranggapan bahwa skateboarding adalah sebuah trend yang telah mati. Perusahaan Skateboard bangkrut, dan orang-orang yang ingin bermain skate harus membuat skateboard sendiri lagi dari awal. Namun orang-orang masih tetap bermain, meskipun sulit untuk menemukan komponen skate dan papan pun dibuat dirumah. Kemudian Skaters yang menggunakan roda dari tanah liat untuk papan mereka, ini sangatlah berbahaya dan sulit untuk dikontrol. Tapi kemudian pada tahun 1972, Frank Nasworthy menemukan roda skateboard dari urethane, yang mirip dengan apa yang skaters gunakan saat ini. Perusahaannya bernama Cadillac wheels, dan penemuan ini memicu minat baru dalam skateboard di kalangan peselancar dan anak-anak muda lainnya.

Pada musim semi tahun 1975, skateboard ber-evolusi dari apa yang kita lihat sekarang. Di Del Mar, California sebuah slalom dan kontes gaya bebas diadakan di Festival Samudra. Hari itu, tim Zephyr menunjukkan pada dunia bagaimana indahnya skateboarding. Mereka meluncur dan membuat mata publik enggan berkedip, dan skateboard pun mulai menjadi hobi, trend, dan sangat menarik. Itu adalah lompatan besar pertama dalam evolusi skateboard.

Pada tahun 1978, hanya beberapa tahun dari kepopularitasan gaya berseluncur yang di ciptakan zephyr, skater bernama Alan Gelfand (dijuluki "Ollie") menciptakan manuver yang mengejutkan mata. Dia menghentakkan kaki belakang ke bawah di ekor papannya dan melompat, sehingga papan mengudara bersama dirinya. Dan Ollie pun lahir, sebuah trik yang benar-benar merevolusi skateboarding. Kebanyakan trik saat ini berbasis pada sebuah ollie. Caranya masih menyandang namanya, dan nama Alan Gelfand dituliskan di hall of fame pada tahun 2002.

Pada era akhir 70-an skateboard menghadapi penurunan kedua dalam popularitas. skatepark telah dibangun, tetapi membuat skateboard menjadi seperti lebih berbahaya. Ditambah lagi dengan semakin berkurangnya peminat untuk bermain di skatepark.

Selama 80-an, perusahaan skateboard kecil yang dimiliki oleh pemain skateboard mulai didirikan. Hal ini memungkinkan setiap perusahaan untuk menjadi kreatif dan melakukan apapun yang mereka inginkan.

Dan pada tahun 80-an itu juga Stacey Peralta dan George Powell membentuk tim skate dengan anggota anak-anak muda berbakat dan diberi nama Bones Brigade. Stacey memiliki bakat per-filman, dan pada tahun 1984 video skate pertama dibuat dan merevolusi serangkaian panjang video skateboard. The Bones Brigade pun merilis Video. Tim ini melibatkan Steve Caballero, Tony Hawk, Mike McGill, Lance Mountain, Rodney Mullen, Stacy Peralta, dan Kevin Staab, dan banyak masih banyak lagi. Peralta membuat video bones Brigade - Primitif Future pada tahun 1985. Dan Skateboarding pun mulai mempengaruhi gaya pakaian, musik dan budaya.

Sayangnya, menjelang akhir 80-an, skateboarding mulai tenggelam lagi. Vert skateboard dengan cepat kehilangan popularitas, dan skaters jalanan mulai naik. Skaters vert murni seperti Tony Hawk mengalami masa-masa sulit di tahun 80-an dan awal 90-an. Stres yang dialami Tony Hawk sangat luar biasa, dan ia bahkan kehilangan istri pertamanya.

Vert skateboarding tenggelam dalam ketenaran di awal 90-an, tapi skateboard tetap ada. Saat itulah Mike Vallely dan Natas Kaupas muncul dan men-tenarkan gaya bermain jalan. Skateboarding mulai menanjak populer kembali di tahun 90-an. Hal ini bertepatan dengan munculnya musik punk,dan bersanding menuju popularitas. scene musik pun menjadi bahan bakar skateboard untuk menjadi populer kembali.

Pada tahun 1995, ESPN mengadakan kompetisi pertama, di Rhode Island. Ini X-game pertama dan sukses besar, dan membantu menarik skateboard lebih dekat ke mainstream, dan lebih dekat untuk diterima oleh masyarakat umum. Pada tahun 1997 X Games diadakan, dan "Olahraga Ekstrim" diklasifikasikan untuk skateboard.

Sejak tahun 2000, perhatian media dan produk-produk seperti video game skateboard, skateboard untuk anak-anak dan komersialisasi lebih ke mainstream. Keuntungannya adalah, tentu saja skaters lebih diterima, dan asumsi bahwa semua skaters adalah kriminal secara perlahan mulai runtuh. Dan perusahaan skateboard mulai berkembang dan berinovasi.

Hingga saat ini skateboard tidak pernah berhenti berkembang, banyak skater baru bermunculan setiap harinya. Video-video dirilis dan Papan juga terus berkembang, Perusaahan berinovasi untuk membuat papan menjadi lebih ringan dan kuat.

-Skate or Die.

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!