Searching...
February 12, 2013

Skateboard Parts


DECK

Deck pada masa kini memiliki ukuran yang bervariasi, namun sebagian besar berukuran 7-10,5 inci (17,78-26,67 cm) lebar. Deck yang melebar biasanya digunakan untuk skater yang membutuhkan stabilitas tinggi untuk bertransisi atau bermain di ramp. Bagian bawah deck kebanyakan didisain oleh produsen dengan gambar atau tulisan, kosong, atau dihiasi dengan cara lain.





TRUCK

Adalah dua logam (biasanya paduan aluminium), yang terhubung ke roda dan deck. Truck terdiri dari dua bagian. Bagian atas truck menempel pada deck dengan baut dan disebut baseplate, dan di bawahnya disebut penggantung. Antara baseplate dan gantungan terdapat ring, juga karet atau grommet, yang menyediakan mekanisme bantal untuk memutar skateboard. Para bushing bantal truk yang disebut bushing. Bushing adalah karet bantalan yang membuat perputaran menjadi lebih lembut. Semakin lembut bushing semakin mudah untuk berputar. Antara bagian atas dan bawah tadi terdapat baut. Jadi untuk mendapatkan kelenturan dalam putaran atau ingin lebih kaku kita hanya perlu mengencangkan mur atau melonggarkannya. bagian ini disebut kingpin dengan ukuran standar 3/8 "- 24tpi.

Truck memiliki ukuran lebar yang berbeda-beda.Sesuaikanlah ukuran truck dengan papan, misalnya untuk deck 7,75" gunakan truk yang memiliki sumbu antara 7,5" lebar dan 8,0". Truk yang terlalu kecil akan menyulitkan anda ketika ingin mendapatkan keseimbangan.








WHEELS

Roda skateboard biasanya terbuat dari poliuretan. memiliki berbagai macam dan ukuran yang sesuai dengan berbagai jenis skate-style yang dimainkan. Ukuran yang lebih besar seperti 54-85 mm untuk yang membutuhkan kecepatan, dan bergerak lebih mudah melewati retakan-retakan di trotoar. Ukuran yang lebih kecil seperti 48-54 mm menjaga stabilitas papan, namun sulit untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Roda(Wheels) juga tersedia dalam berbagai tingkat kepadatan kan per-kerasan. Biasanya diukur pada durometer Shore "A" per-skala. Roda yang sangat lembut (sekitar Shore A 75) dan yang sangat keras (sekitar Shore A 101). Street Skater biasanya memilih roda yang lebih kecil (biasanya 51-54 mm), sebagai roda kecil dengan truk ringan dapat membuat trik seperti kickflips dan trik flip lain lebih mudah dengan menjaga pusat gravitasi dari skateboard lebih dekat ke dasar, sehingga membuat dek mudah untuk berputar.






GRIP TAPE

adalah lembaran kertas atau kain dengan perekat di satu sisi dan permukaan mirip dengan kertas pasir halus. Grip direkatkan pada permukaan atas deck untuk memungkinkan kaki pengendara untuk menempel pada deck dan membantu skater melakukan trik. Grip tape biasanya berwarna hitam, tapi juga tersedia dalam berbagai warna seperti merah muda, kuning, kotak-kotak, kamuflase. Seringkali, mereka memiliki desain die-cut untuk menunjukkan warna papan, atau untuk menampilkan logo perusahaan deck.



  


BEARING

Setiap wheels skateboard yang dipasang pada poros truck menempel pada dua bearing. Bearing biasanya terbuat dari baja, ada juga silikon nitrida. Bearing dikategorin dengan skala ABEC. Skala dimulai dengan ABEC1 sebagai yang terendah, kemudian 3, 5, 7, 9. Sebuah kesalahpahaman umum yang sering terjadi bahwa ABECs tinggi lebih baik untuk skateboarding, padahal skala ABEC hanya mengukur toleransi, yang tidak selalu berlaku untuk skateboard. Kinerja bearing ditentukan pada seberapa baik mempertahankan lingkaran. Pemeliharaan berkala pada bearing meliputi pembersihan dan melumasi bearing. Kit pembersih bantalan umumnya tersedia di pasar. Rating/skala ABEC tidak menentukan seberapa cepat atau seberapa tahan lama bearing yang digunakan untuk skateboarding. Banyak perusahaan tidak menunjukkan rating ABEC, seperti Bones Bearings, yang membuat bearing khusus untuk skateboard.





HARDWARE

Hardware digunakan untuk pemasangan truck ke deck. kebanyakan baut/hardware memiliki warna yang berbeda untuk menentukan mana nose dan tail pada deck. Hardware tersedia dalam berbagai ukuran panjang untuk pemasangan truk dengan atau riser.





0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!